10 Tips Belanja Hemat Pakaian Menjelang Lebaran

adsense 336x280
Pusat-belanja-pakaian
Pusat belanja pakaian / photo : alana.io
ReportaseOnline ~  Sebentar lagi lebaran datang, kurang lebih 2 minggu lagi, tentunya ibu dan bapak telah menyiapkan anggaran untuk membelanjakan uang membeli pakaian baru. 

Meskipun sebenarnya pakaian lama masih bisa digunakan, namun rasanya tidak afdol kalau tidak beli baju, celana, sepatu baru dan lain-lain menjelang lebaran.

Baiklah, agar anda tidak terjebak dalam membelanjakan uang sesuai anggaran atau kebutuhan maka sebaiknya ikuti 10 tips belanja efektif menjelang lebaran di bawah ini, diantaranya:
  1. Buat daftar list belanja sebelum ke pasar, sesuaikan daftar belanja dengan kebutuhan.
  2. Survey harga melalui toko online sebelum pergi ke toko pakaian offline
  3. Catat dan bandingkan harga online dengan offline.
  4. Setelah daftar belanja dan perkiraan harga jelas, maka persiapkan uang tidak terlalu banyak melebihi daftar belanjaan. Tujuannya untuk meminimalisir pengeluaran diluar kebutuhan atau diluar daftar belanja.
  5. Saat di pasar, meskipun anda sudah tau standar harga, maka tidak ada salahnya melakukan penawaran.
  6. Jangan perlihatkan rasa antusias anda terhadap barang yang disukai, karena bisa memicu harga naik.
  7. Jangan terpengaruh dengan diskon besar, sebab diskon harga, sengaja  dilambungkan kemudian terjadi pengurangan tarif, disesuaikan dengan harga sebenarnya.
  8. Usahakan belanja di pagi hari, sewaktu toko baru pertama kali buka, dan anda lah orang pertama yang menawar. Biasanya pedagang akan menuruti penawaran anda (penawaran dalam konteks wajar). Sebab, penawaran pertama ada istilah "pecah telor" bagi pedagang, untuk jualan pertama ini pedagang akan nurut dengan tawaran pembeli asalkan ia tidak rugi, kalau tidak dijual ada kecendrungan pamalih bagi pedagang tersebut. Kedengarannya sedikit "mistis" tapi ini benaran lho, kata pedagang pakaian yang pernah ReportaseOnline tanya.
  9. Jangan lirik pakaian yang tidak dalam anggaran atau rencana belanja anda.
  10. Usahakan menimbang-nimbang sebelum membeli. Apakah barang yang anda beli benar-benar kebutuhan atau hanya sebuah keinginan?
Demikianlah 10 Tips Belanja Hemat Pakaian Menjelang Lebaran yang dapat Reportase online sampaikan. Semoga tips di atas dapat membantu anda berhemat membelanjakan uang disaat lebaran, mengingat kebutuhan lainnya masih banyak selain kebutuhan pakaian baru.(AW)
adsense 336x280